Dalam sebuah hadits yang shahih dari Abu Hurairah
radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“إِنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِينَهَا”
“
Sesungguhnya Allah akan mengutus (menghadirkan) bagi umat ini
(umat Islam) orang yang akan memperbaharui (urusan) agama mereka pada
setiap akhir seratus tahun”
[1].
Arti “memperbaharui (urusan) agama” adalah menghidupkan kembali dan
menyerukan pengamalan ajaran Islam yang bersumber dari petunjuk
al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan manusia, yaitu dengan menyebarkan ilmu yang
benar, mengajak manusia kepada tauhid dan sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta memperingatkan mereka untuk menjauhi perbuatan syirik dan bid’ah
[2].
Perhitungan akhir seratus tahun dalam hadits ini adalah dimulai dari waktu hijrah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mekkah ke Madinah
[3].
Sabda beliau
shallallahu ‘alaihi wa sallam “…orang yang akan memperbaharui (urusan) agama…” tidak menunjukkan bahwa
mujaddid di setiap akhir seratus tahun hanya satu orang, tapi mungkin saja pada
waktu tertentu lebih dari satu orang, sebagaimana yang diterangkan oleh
imam Ibnu Hajar dan para ulama lainnya
[4].
Dalam hal ini, imam Ahmad bin Hambal berkata, “Sesunguhnya Allah akan
menghadirkan bagi umat manusia, pada setiap akhir seratus tahun orang
yang akan mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan/memberantas kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam”
[5].
Para ulama telah menyebutkan nama-nama para imam Ahlus sunnah yang memenuhi kriteria untuk disebut sebagai
mujaddid (pembaharu) dalam Islam, berdasarkan pengamatan mereka terhadap sifat-sifat mulia para imam tersebut.
Dalam tulisan ini kami akan menyebutkan beberapa di antara para imam tersebut beserta sekelumit dari biografi mereka.
1- ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz bin Marwan bin Hakam al-Qurasyi al-Umawi al-MadaniBeliau adalah khalifah yang tersohor dengan keshalihan dan keadilannya, amirul mu’minin, imam
tabi’in yang mulia, penghafal hadits yang utama dan terpercaya. Lahir pada tahun 64 H dan wafat pada tahun 101 H.
Ibunya adalah cucu sahabat yang mulia Umar bin Khattab
radhiyallahu ‘anhu, namanya Hafshah bintu ‘Ashim bin Umar bin Khattab
[6].
Beliau diserupakan dalam keadilan dan kelurusan akhlak dengan kakek beliau Umar bin Khattab
radhiyallahu ‘anhu, dalam sifat zuhud dengan Hasan al-Bashri, dan dalam ketinggian ilmu dengan imam az-Zuhri
[7].
Imam asy-Syafi’i memuji beliau dengan mengatakan, “
al-Khulafa’ ar-Rasyidun (khalifah-khalifah yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah
Ta’ala) ada lima orang: Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali dan ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz”
[8].
Para ulama Ahlus sunnah telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai
mujaddid (pembaharu) pertama dalam Islam
[9].
Imam Ahmad bin Hambal berkata, “Sesunguhnya Allah akan menghadirkan
bagi umat manusia, pada setiap akhir seratus tahun orang yang akan
mengajarkan kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan/memberantas kedustaan dari (hadits-hadits) Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kemudian kami melihat (meneliti sejarah), maka (kami dapati pembaharu)
pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah) adalah ‘Umar bin ‘Abdil
‘Aziz, dan (pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua adalah imam
asy-Syafi’i
[10].
2- Imam asy-Syafi’i, Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin bin al-‘Abbas bin ‘Utsman al-Muththalibi al-Qurasyi al-Makki.Beliau adalah imam besar dari kalangan
atba’ut tabi’in (murid para
tabi’in), pembela sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam,
ahli fikih yang ternama, penghafal hadits yang utama dan terpercaya.
Lahir pada tahun 150 H dan wafat pada tahun 204 H, nasab beliau bertemu
dengan nasab Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam [11].
Imam Qutaibah bin Sa’id memuji beliau dengan mengatakan, “Kematian imam Syafi’i berarti kematian sunnah Rasulullah”
[12].
Imam Ahmad bin Hambal berkata, “(Kedudukan) Imam Syafi’i (di
zamannya) adalah seperti matahari bagi bumi dan sebagai penyelamat bagi
umat manusia”
[13].
Para ulama Ahlus sunnah juga telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai
mujaddid (pembaharu) kedua dalam Islam
[14].
Imam Ahmad berkata, “…(Pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah) adalah imam asy-Syafi’i
[15].
Imam Ibnu Hajar berkata: “Beliau adalah
mujaddid (pembaharu) urusan agama Islam pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah)”
[16].
3- Hasan al-Bashri, Abu Sa’id al-Hasan bin Abil Hasan Yasar al-BashriBeliau adalah Imam besar dari kalangan
tabi’in, syaikhul Islam, sangat terpercaya dalam meriwayatkan hadits Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lahir pada tahun 22 H dan wafat 110 H
[17].
Beliau pernah disusukan oleh Ummu Salamah
radhiyallahu ‘anha, Istri Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam dan pernah didoakan kebaikan oleh Umar bin Khattab
radhiyallahu ‘anhu agar diberi pemahaman dalam ilmu agama dan dicintai manusia
[18].
Imam Muhammad bin Sa’ad memuji beliau dengan mengatakan, “Beliau
adalah seorang yang berilmu (tinggi), menghimpun (berbagai macam ilmu),
tinggi (kedudukannya), sangat terpercaya, sandaran dalam periwayatan
hadits, dan ahli ibadah”
[19].
Beliau termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah)
[20].
4- Muhammab bin Sirin, Abu Bakr al-Anshari al-BashriBeliau adalah imam besar dari kalangan
tabi’in, syaikhul
Islam, sangat wara’ (berhati-hati dalam masalah halal-haram), sangat
luas ilmunya lagi sangat terpercaya dan kokoh dalam meriwayatkan hadits
Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau wafat pada tahun 110 H
[21].
Imam Abu ‘Awanah al-Yasykuri berkata, “Aku melihat Muhammad bin sirin
di pasar, tidaklah seorang pun melihat beliau kecuali orang itu akan
mengingat Allah”
[22].
Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah)
[23].
5- Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin Syihab az-Zuhri al-Qurasyi al-MadaniBeliau adalah imam besar dari kalangan
tabi’in, penghafal hadits yang utama, yang disepakati kemuliaan dan kecermatan hafalannya. Beliau wafat pada tahun 125 H
[24].
Imam ‘Umar bin ‘Abdil ‘Aziz memuji beliau dengan mengatakan, “Tidak
tersisa seorang pun (di jaman ini) yang lebih memahami sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam dari pada az-Zuhri”
[25].
Imam Ayyub as-Sakhtiyani, “Aku belum pernah melihat (seorang pun) yang lebih berilmu dari pada beliau”
[26].
Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun pertama (hijriyah)
[27].
6- Yahya bin Ma’in, Abu Zakaria al-BagdadiBeliau adalah imam besar dari kalangan
atba’ut tabi’in (murid para
tabi’in), ahli
jarh wa ta’dil (penilaian terhadap para perawi hadits dalam bentuk pujian atau celaan)
yang ternama, penghafal hadits yang utama, dan gurunya para ulama Ahli
hadits. Lahir pada tahun 158 H dan wafat tahun 233 H
[28].
Imam Ahmad bin Hambal memuji beliau dengan mengatakan, “Yahya bin Ma’in adalah orang yang Allah
Ta’ala ciptakan (khusus) untuk urusan ini (membela sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam), dengan beliau menyingkap kedustaan para pendusta dalam hadits (Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam)”
[29].
Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah)
[30].
7- Imam an-Nasa’i, Abu Abdir Rahman Ahmad bin Syu’aib bin ‘Ali bin SinanBeliau adalah imam besar, syaikhul Islam, penghafal dan kritikus
hadits kenamaan, serta sangat terpercaya dalam meriwayatkannya. Lahir
pada tahun 215 H dan wafat tahun 303 H
[31].
Imam Abu Sa’id bin Yunus memuji beliau dengan mengatakan, “Abu
‘Abdirrahman an-Nasa’i adalah seorang imam (panutan), penghafal hadits
dan sangat terpercaya dalam meriwayatkannya”
[32].
Imam Abul Hasan ad-Daraquthni berkata, “Abu ‘Abdirrahman an-Nasa’i
lebih didahulukan (dalam pemahaman ilmu hadits) dibandingkan semua ulama
hadits di jaman beliau”
[33].
Beliau juga termasuk yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir seratus tahun ketiga (hijriyah)
[34].
Catatan penting- Banyak para imam besar Ahlus sunnah yang terkenal dengan ketinggian
ilmu dan pemahaman, serta kuat dalam menegakkan sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam,
akan tetapi mereka tidak dinobatkan oleh para ulama sebagai pembaharu
dalam Islam di jamannya, padahal mereka sangat pantas untuk itu, seperti
imam Malik bin Anas, Ahmad bin Hambal, al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud
dan lain-lain. Hal ini disebabkan masa hidup mereka yang tidak
bertepatan dengan waktu yang disebutkan dalam hadits di atas, dan ini
sama sekali tidak mengurangi tingginya kedudukan dan kemuliaan mereka
[35].
- Termasuk para imam Ahlus sunnah yang dinobatkan oleh sejumlah besar
ulama Islam sebagai pembaharu dalam Islam di abad ke-12 Hijriyah adalah
imam syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab at-Tamimi (wafat 1206 H)
[36].
Dalam hal ini syaikh yang Mulia ‘Abdul ‘Aziz bin Baz berkata, “Termasuk
di antara para imam (Ahlus sunnah) yang mendapatkan petunjuk (dari
Allah Ta’ala) dan da’i yang mengusahakan perbaikan (umat ini) adalah
imam yang sangat dalam dan luas ilmunya, pembaharu ajaran Islam yang
telah ditinggalkan (manusia) di abad ke-12 Hijriyah dan penyeru kepada
sunnah Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, syaikh
Muhammad bin ‘Abdul Wahhab bin Sulaiman bin ‘Ali at-Tamimi al-Hambali,
semoga Allah memperindah (menerangi) tempat peristirahannya dan
memuliakannya di surga sebagai tempat menetapnya”
[37].
- Demikian pula yang disebut-sebut para ulama sebagai pembaharu dalam
Islam di abad ini, dua imam Ahlus sunnah yang ternama: syaikh yang
mulia Muhammad Nashiruddin al-Albani dan syiakh yang mulia ‘Abdul ‘aziz
bin Abdullah bin Baz, semoga Allah merahmati semua ulama ahlus sunnah
yang telah wafat dan menjaga mereka yang masih hidup.
وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
Kota Kendari, 24 Rabi’ul Tsani 1431 H
Penulis: Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA
Artikel
www.muslim.or.id
[1] HR Abu Dawud (no. 4291), al-Hakim (no. 8592), dan ath-Thabarani dalam
“al-Mu’jamul ausath” (no. 6527), Dinyatakan shahih oleh imam al-Hakim,
al-‘Iraqi, Ibnu Hajar (dinukil dalam kitab “’Aunul Ma’buud” 11/267) dan
syaikh al-Albani dalam “Silsilatul ahaaditsish shahihah” (no. 599).
[2] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/260).
[3] Ibid.
[4] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/264).
[5] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (10/46).
[6] Lihat kitab “Tahdziibul kamaal” (21/432) dan “Tadzkirotul huffazh (1/118).
[7] Lihat kitab “Tadzkiratul huffazh” (1/119).
[8] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Tadzkiratul huffazh” (1/119).
[9] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/260).
[10] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (10/46).
[11] Lihat kitab “Tahdziibul kamaal” (24/355), “siyaru a’laamin nubalaa’” (10/5) dan “Tadzkirotul huffazh (1/361).
[12] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (10/46).
[13] Dinukil oleh imam al-Mizzi dalam kitab “Tahdziibul kamaal” (24/372).
[14] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/260).
[15] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (10/46).
[16] Kitab “Taqriibut tahdziib” (hal. 467).
[17] Lihat kitab “Tadzkiratul huffaz” (1/71) dan “Taqriibut tahdziib” (hal. 160).
[18] Dinukil oleh imam al-Mizzi dalam kitab “Tahdziibul kamaal” (6/104).
[19] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Tadzkiratul huffaz (1/71).
[20] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/266).
[21] Lihat kitab “siyaru a’laamin nubalaa” (4/606), “Tadzkiratul huffaz” (1/77) dan “Taqriibut tahdziib” (hal.160).
[22] Kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (4/610). Dalam sebuah hadits shahih
Rasululah r bersabda: “Wali (kekasih) Allah adalah orang yang jika
(manusia) memandangnya maka mereka akan ingat kepada Allah”. Lihat “Ash
Shahihah” (no. 1733).
[23] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/266).
[24] Lihat kitab “Tadzkiratul huffaz” (1/108) dan “Taqriibut tahdziib” (hal. 506).
[25] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Tadzkiratul huffaz” (1/109).
[26] Ibid.
[27] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/266).
[28] Lihat kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (11/71) dan “Taqriibut tahdziib” (hal. 597).
[29] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (11/80).
[30] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/266).
[31] Lihat kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (14/125) dan “Taqriibut tahdziib” (hal. 80).
[32] Dinukil oleh imam adz-Dzahabi dalam kitab “Siyaru a’laamin nubalaa’” (14/133).
[33] Ibid (14/131).
[34] Lihat kitab “’Aunul Ma’buud” (11/266).
[35] Ibid (11/263).
[36] Lihat kitab “’Aqidatusy syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab as-Salafiyyah” (1/18).
[37] Ibid (1/19-20).